Minggu, 31 Mei 2009

Bentuk tubuh atau sosok ikan KOI yang ideal

Bentuk tubuh atau sosok ikan KOI yang ideal

Semua jenis KOI yang dimaksudkan dalam bentuk yang ideal adalah bila dilihat dari atas tampak tubuh yang simetris atau garis yang menghubungkan antara tengah tengah bibir ke ekor harus lurus tidak terdapat lengkungan termasuk sirip punggung sampai sirip ekor.

Bila dilihat dari samping perbandingan tinggi dan panjang ikan 1:2,5 s/d 1:3 disamping itu potongan melintang mendekati bundar atau oval (mirip bandeng) tidak pipih atau gepeng (mirip tombro atau mujair) selain itu sirip dada dan sirip perut tampak seimbang demikian juga sirip punggung dan sirip ekor juga kepala tidak lebih besar dari badannya.

Sirip dada dan sirip perut antara kiri dan kanan harus sama besar, sirip punggung dan sirip ekor harus proposional dengan tinggi dan panjang tubuh.
Bentuk kepala, mata, mulut dan insang harus proposional atau serasi, perhatikan juga bentuk hidungnya, tidak terlalu mancung atau terlalu masuk dalam timbunan daging, jika hidung tampak terbuka kemungkinanan pernah mengalami sakit pada insang.

Untuk mengenali yang jantan dan betina adalah sebagai berikut, KOI jantan biasanya kepalanya agak runcing dan pada pipinya bila diraba terasa agak kasar, KOI betina mempunyai pundak yang lebih luas dan punggungnya lebih panjang,dan pipinya halus, namun ada cara yang lebih spesifik (dengan cara pengambilan sperma).

- Cara Membeli dan Memilih Ikan Koi Yang Berkwalitas >
- Dimana sebaiknya membeli Ikan KOI >
- Faktor kesehatan Ikan KOI >
- Bentuk tubuh atau sosok ikan KOI yang ideal >

- Intensitas warna dan corak ikan KOI >

CV ASRI Exterior and Interior Design
Dukuh Kupang Barat XXII/34 Surabaya
Tlp : (031) 568 4252, Fax : (031) 566 2635
E-mail : cv_asri_taman@yahoo.com
Contac Persont : SUDARDJI
Hp. 081 331 789 399, Plexi. 031 70 87 88 89

Tidak ada komentar:

Posting Komentar