Sabtu, 10 Oktober 2009

PENYEBAB AIR HIJAU PADA KOLAM KOI

Kolam identik sebagai air yang tergenang, baik di buat manusia maupun secara alam, dimana ada air tergenang dan terkena sinar matahari di situ akan timbul phytoplankton/Alga, disamping penampilan alga tidak menarik juga membuat air kolam menjadi hijau, alga tersebut juga dapat membahayakan ikan.
Green water atau air hijau sering menjadi masalah bagi para pencinta KOI, terutama bagi pemula atau pada kolam yang baru dibuat
Sangat merepotkan untuk mengatasi air hijau ini tanpa memahami/menetahui penyebabnya.
Pada kolam baru, bisa saja terjadi warna air menjadi hijau penyebabnya adalah, keseimbangan ekosistem belum bekerja secara sempurna namun perkembangan phytoplankton/Alga sangat pesat.
Tetapi ada be-beberapa kolam yang semula airnya jernih tiba-tiba warna air berubah menjadi hijau, air hijau mulai terbentuk ketika suhu air naik dikarenakan sinar matahari mulai meningkat,terutama menjelang musim panas atau kemarau namun ada juga beberapa kolam tidak pernah mengalami air hijau sepanjang tahun.
Mengapa bisa terjadi demikian ?. apakah yang menjadi penyebab air hijau ?. bagaimana pengaruh air hijau terhadap KOI dan bagaimana solusi untuk mengatasi air hijau ?.

Air kolam tidak pernah Hijau,
Beberapa kolam ada yang tidak pernah mengalami airnya menjadi hijau, mengapa demikian ?.
Penyebabnya adalah, tidak tersedianya fasilitas untuk phytoplankton berkembang, misalnya kolam indoor, suhu air yang rendah dan pengunaan air PAM yang tidak mengandung bibit phytoplankton.
Namun terdapat pula teori lain yang menjelaskan bahwa di dalam system filter biologi terdapat jenis bakteria alami yang mengkonsumsi jasat mati (bakteri heterotrophic), bakteri ini terbentuk dengan sendirinya ketika bakteri mengkonsumsi ganggang yang mati, bakteri ini menghasilkan antibiotic yang dapat membunuh dan melemahkan ganggang, hingga suatu saat dimana tercapainya keseimbangan dalam system filter, ganggang atau phytoplankton tidak dapat tumbuh lagi, namun bila mana terjadi perubahan seperti pembersihan chamber filter biologi, tingkat keseimbangan akan berubah dan air kembali hijau hingga satu saat dimana keseimbangan tersebut tercipta kembali.

Penyebab Air Hijau.
Air hijau disebabkan banyaknya kandungan phytoplankton dalam air. Phytoplankton adalah organisme yang sangat kecil sekali sehingga disebut mikroorganisme dan biasanya yang ditemukan di kolam KOI berdiameter 15 milicorn.
Phytoplangon termasuk dalam keluarga ganggang yang biasanya disebut dengan ganggang hijau, ganggang memiliki ribuan species. namun ganggang dapat dipisahkan menjadi 2 kategori.
· Kategori pertama,
Ganggang yang berserat, ganggang ini yang sering menjadi lumut di dinding/dasar kolam maupun air terjun.
· Kategori kedua,
Ganggang ber-sel satu, ganggang ber-sel satu ini yang menyebar dalam air dan menyebabkan air kolam anda menjadi hijau.
Ganggang ber-sel satu juga memiliki berbagai jenis spesies, jenis spesies yang sering menjadi penyebab utama air hijau adalah ganggang biru- hijau yang dinamakan microcystis dan anabaena.

Kondisi yang mempercepat pertumbuhan phytoplangton,
Kondisi yang sangat berpengaruh membuat air menjadi hijau adalah, suhu/temperatur air, pada suhu air di atas 250C pertumbuhan phyoplankton lebih pesat di bandingkan suhu air yang lebih rendah.oleh karena itu, dinegara empat musim, air hijau biasanya hanya terjadi pada musim panas, ketika temperatur mulai meningkat.
Sepeti layaknya tanaman, phytoplankton juga melakukan fotosintesa untuk tumbuh. pada saat proses fotosintesa berlangsung, phytoplankton menyerap energi dari sinar matahari, oksigen terlarut dalam air, dan nutrisi dalam kandungan air, khususnya nitrat yang dihasilkan oleh bakteri nitrifikasi.
Maka jelaslah sudah bila kolam yang terbuka (terkena sinar matahari secara langsung dan terus-menerus) memiliki resiko yang lebih tinggi untuk masalah air hijau.

Pengaruh negative air hijau terhadap KOI,
Efek utama dari dampak air hijau adalah masalah pada daya pandang dalam air, sehingga bukan haya sulit untuk menikmati keindahan KOI kesayangan anda, tetapi lebih sulit lagi dalam memberikan perhatian kesehatan secara fisik.
Efek negatif yang lebih membahayakan adalah ketika malam hari tiba, dimana Phytoplangon atau ganggang hijau mulai mengkonsumsi oksigen dan menghasilkan karbondioksida untuk proses respiratory sistemnya. Sehingga menyebabkan turunnya kadar oksigen dalam air dan juga mempunyai efek tidak langsung pada pertumbuhan bakteri pada filter biotologi dan KOI.

Pengaruh positif air hijau terhadap KOI.
Disamping segi negatif, air hijau juga memiliki beberapa segi positif yang mana pada air hijau sering terkandung ganggang hijau lainnya, seperti : chlorelia, cloterium, dan spirulina, air dengan kandungan chiorelia yang tinggi, biasanya juga mengandung daphnia dan zooplankton lainnya, yang menjadi sumber makanan untuk anak-anak ikan.
Spirulina juga baik untuk ikan KOI anda. karena spirulina dapat meningkatkan kesehatan dan mencerahkan kualitas warna KOI.
Oleh karena itu, seringkali ikan yang hidup pada air hijau memiliki kualitas warna yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.

CV ASRI Exterior and Interior Design
Dukuh Kupang Barat XXII/34 Surabaya
Tlp : (031) 568 4252, Fax : (031) 566 2635
E-mail : cv_asri_taman@yahoo.com
Contac Persont : SUDARDJI
Hp. 081 331 789 399, Plexi. 031 70 87 88 89

1 komentar:

  1. kalau saya tutup pake paranet gimana ya? apakah bisa mengurangi warna2 ijo di air kolam?

    soalnya mahal juga klo mau pasang kanopi... :p

    thx

    BalasHapus