Rabu, 13 Januari 2010

Konstruksi

ASRI-KOI. Membuat Kolam KOI yang memerlukan biaya yang tidak sedikit yang terkadang karena berbenturan antara keinginan dengan biaya yang tersedia, sehingga saat membuat kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada, lebih baik membuat kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas buruk.

Memilih bahan/material untuk sebuah kolam harus benar-benar diperhitungkan dengan pertimbangkan beban air dan struktur tanah.

Untuk tanah yang stabil, dengan kontruksi lantai dasar cor beton bertulang dan dinding bata merah mungkin masih mampu untuk memghidari keretakan (namun harus tetap ada ring balk pada dinding yang paling atas).

Namun untuk tanah yang labil, dengan system pengecoran pada seluruh struktur kolam sangat diperlukan dan bila perlu pemasangan strous dapat juga ditambahkan untuk menghidari keretakan/pergeseran kolam.

Salah satu contoh masalah yang cukup sering terjadi dalam pembangunan kolam adalah kebocoran, bila hal diketahui setelah kolam sudah jadi maka sangat sulit sekali untuk mencari sumber kebocoran dan membutuh dana tidak sedikit (sesuai dengan tingkat kesulitan), itupun bila diketahui titik sumber kebocorannya, namun bila tidak diketahui titik sumber kebocoran tersebut maka akibatnya sangat fatal.

Ada beberapa penyebab kebocoran antara lain,

Konstruksi,

Kebocoran dikarenakan keretakan ini dapat terjadi secara langsung sewaktu diisi air atau setelah beberapa waktu akibat pergerakan tanah dikarenakan kontruksi kolam kurang kuat, terkadang bisa terjadi karena tekanan/dorong dari akar pohon yang ditanam pada sisi kolam semakin besar.

Water proofing,

Water proofing atau kedap air ini juga berperan penting terhadap terjadinya kebocoran pada kolam maupun pada ornament penunjang, misalnya air terjun, water fall.

Instalasi pemipaan

Mutu/kualitas pipa dan cara perakitan instalasi juga harus diperhatikan.

Lain-lain

Kebocoran juga dapat terjadi akibat kurang telitinya pekerja, misalnya waktu mengerjakan water proofing tidak merata atau waktu perakitan pemipaan cara penyambungannya kurang sempurna

Tidak menutup kemungkinan juga terjadi kebocoran akibat kecerobohan, misalnya waktu pemasangan ornament penunjang/batu alam mempergunakan paku pada tempat yang telah diwater proofing dan lupa menambalnya, serta masih banyak lagi penyebab kebocoran yang tidak bisa diuraikan satu persatu.




CV ASRI Exterior and Interior Design
Dukuh Kupang Barat XXII/34 Surabaya
Tlp : (031) 568 4252, Fax : (031) 566 2635
E-mail : cv_asri_taman@yahoo.com
Contac Persont : SUDARDJI
Hp. 081 331 789 399, Plexi. 031 70 87 88 89

Tidak ada komentar:

Posting Komentar