Rabu, 13 Januari 2010

Ukuran kolam

ASRI-KOI. Ukuran luas kolam tidak ada ukuran baku, untuk kolam KOI memang secara teknis membutuhkan lahan yang luas, namun jika lahan tersebut tidak tersedia maka dapat disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada namun tetap harus diperhitungkan tingkat pertumbuhan KOI dan populasi/jumlah KOI.
Membuat Kolam KOI yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah KOI yang akan dipelihara dan berapa ukuran KOI yang akan dicapai., ukuran kolam yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan KOI mencapai ukuran jumbo, selain itu seiring dengan pertumbuhan KOI dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam, hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan KOI.

Ukuran kedalaman air untuk KOI yang ideal adalah minimal 2 kali panjang ikan, semakin dalam semakin bagus namun harus disesuaikan dengan luas (panjang dan lebarnya), misalnya kolam dengan ukuran panjang 2 m, lebar 1 m jika dibuat kedalaman 1,5 m akan terlihat menyerupai sumur dan bila KOI berada dibawah tidak akan terlihat.
Perlu diperhatikan luas dan kedalaman kolam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan KOI.

Pengalaman penulis pernah membenahi kolam menjadi lebih luas sampai 3 kali dalam kurun waktu thn 1998 s/d 2004, pada awal pemiliknya sekedar memelihara berlanjut menjadi penggemar dan keterusan menjadi penghoby (yang terakhir bekas filter dijadikan kolam serta filternya dibuatkan di dilantai dua).
Yang dimaksud penulis adalah berapa biaya/dana yang terbuang sia-sia bila tidak memperhitungkan jangka panjang/perkembangan KOI.

Pada umumnya, setelah membuat kolam dan memelihara KOI belum ada yang mengatakan kolamnya terlalu besar, namun setelah memelihara KOI sangat banyak yang mengatakan kolamnya tidak sesuai lagi dengan panjang/besarnya serta jumlah ikannya.

Jika terjadi hal demikian untuk mengurangi jumlah KOI sangat sayang, bila menambah luas dan kedalam kolam resiko kebocoran sangat tinngi, atau membuat kolam yang lebih luas tentunya memerlukan lahan dan biaya lagi yang tidak sedikit, itu semua dapat dihindari apa bila semua telah direncanakan dengan baik sejak awal.


CV ASRI Exterior and Interior Design
Dukuh Kupang Barat XXII/34 Surabaya
Tlp : (031) 568 4252, Fax : (031) 566 2635
E-mail : cv_asri_taman@yahoo.com
Contac Persont : SUDARDJI
Hp. 081 331 789 399, Plexi. 031 70 87 88 89

Tidak ada komentar:

Posting Komentar