Senin, 04 Januari 2010

PERLENGKAPAN KARANTINA.

Wadah atau tempat untuk karantina.
Semua jenis wadah/tempat dapat digunakan (yang penting tidak bocor hehe he), misalnya, Ember, Akuarium, Bak fiber, Bak semen/Kolam cadangan, namun idealnya mempergunakan akuarium (tembus pandang) karena akan memudahkan pengontrolan.

Ukuran wadah.
Memiliki ruang gerak atau volume air yang cukup, minimal kebutuhan air adalah 2x panjang ikan yang dikarantina. sebagai contoh, ikan yang berukuran 50 cm membutuhkan air (Panjang bak, 2x50 cm. Lebar bak, 2x50 cm. Ketinggian air, minimal 50 cm).

Filter.
Untuk karantina harus memiliki filter tersendiri artinya tidak boleh digabungkan dengan kolam utama atau dengan wadah/bak karantina lainnya dan memiliki outlet/inlet tersendiri pula.
Filter untuk karantina pada umumnya mempergunakan filter denga system mekanik dan mempergunakan media Dacron/kapas untuk penyaringnya.

Peralatan lainnya.
Peralatan yang di perlukan adalah, Serokan, Jaring/Net (untuk penutup bak), Heater, Air pump, Air stone dan peralatan lainnya harus steril dan harus terpisah dengan peralatan yang biasanya dipergunakan untuk kolam utama.

Penempatan bak karantina.
Penempatan bak karantina sebaiknya ditempatkan agak jauh dari kolam utama guna menghindari penyebaran penyakit yang mana penyebaran itu dapat melalui percikan air dan peralatan yang dipergunakan.

Pembuangan air bakas karantina.
Pembuangan air bekas karantina seharusnya diseterilkan terlebih dahulu, karena menurut peraturan pemerintah setiap air yang keluar/dibuang dari tank/bak karantina harus dengan kondisi steril. Hal tersebut diatas guna menghindari terjadinya penyebaran penyakit
Setelah selesai mengkarantina sebaiknya bak karantina diisi air sampai penuh dengan diberi larutan kaporit dan semua peralatan yang dipergunakan dimasukkan/direndam kedalam bak dengan masa perendaman selama 1 minggu, jika filter tidak dapat masuk kedalam bak sebaiknya air disirkulasikan dari bak kolam ke filter dan kembali lagi ke bak kolam.


CV ASRI Exterior and Interior Design
Dukuh Kupang Barat XXII/34 Surabaya
Tlp : (031) 568 4252, Fax : (031) 566 2635
E-mail : cv_asri_taman@yahoo.com
Contac Persont : SUDARDJI
Hp. 081 331 789 399, Plexi. 031 70 87 88 89

Tidak ada komentar:

Posting Komentar